Halaman

Sabtu, 09 Juli 2011

6 Girlband Favorit Lintas Negara


Entah kenapa dari dulu gw lebih suka sama group vokal daripada group band. Group vokal ini tentu termasuk boyband, girlband, atau group nasyid. Gw dah kenal boyband sejak muncul yang namanya M.E, BSB, sampai Boyzone. Setelah itu gw sempet ngefans juga sama Westlife dan F4. ‘Ngondek’ ? Ya gak lah, yang gw sukai dari mereka tuh lagu-lagunya. Kalo girlband, gw juga suka mantengin mereka di layar kaca, hehe. Dan sebagai cowok, kalo disuruh milih gw jelas lebih suka girlband. Nih, gw kasih tahu urutan girlband-girlband favorit gw dari dulu sampe sekarang, dari berbagai negara :

1. M2M (Norwegia)

M2M is the best girlband ever for me. Group ini digawangi sama dua orang cewek dari Norwegia, Marion Raven dan Marit Larsen. Meski cuma berdua, kreativitas mereka patut diacungin jempol. Hampir semua lagu-lagunya diciptain sendiri. Dah gitu mereka juga pinter mainin berbagai alat musik, plus suara yang merdu banget dan enak didenger. Lagu pertama mereka tahun 1999 yang jadi soundtracknya Pokemon, ‘Dont say you love me’, sukses berat. Kalo gw sih paling suka lagu ‘Pretty Boy’, ‘Everything’, sama ‘the Day you went away’. Sampai tahun 2002, mereka dah ngeluarin 2 album Internasional dan ngeraih banyak penghargaan. Mereka juga sempet ke Jakarta tahun 2000 kemarin. Gw nyayangin banget waktu mereka mesti bubar tahun 2003. Gw sih berharap mereka bisa gabung lagi dan ngeluarin lagu baru lagi, coz lagu-lagu mereka selalu easy listening dan gak ngebosenin. 

2. RSD (Indonesia)

Dari negeri sendiri, sebenernya banyak juga girlband favorit gw, mulai dari Manis Manja, Ratu (zamannya Pingkan dan Mulan), sampai Kalifa. Tapi yang paling gw suka dari semuanya adalah Rida Sita Dewi, atau biasa disingkat RSD. Group ini didiriin tahun 1994 sama Ajie Soetama dan Adi Adrian, dan personelnya ada 3 orang : Rida, Sita Nursanti, Dewi Lestari. Sejak berdiri sampai bubarnya tahun 2003, RSD dah ngeluarin 4 album, termasuk yang terbaik yaitu album ‘Bertiga’ (1997) dan ‘Satu’ (1999). Lagu-lagunya yang paling gw suka adalah ‘Kusadari’ sama ‘Kepadamu’. Gw suka sama girlband ini, soalnya lagu-lagunya enak, terus para personilnya juga terkesan ‘low profile’ alias gak ‘neko-neko’. 

3. Morning Musume (Jepang)

Group dari negeri sakura ini punya sistem yang beda sama girlband-girlband lain. Mereka pakai sistem kayak sekolahan gitu, di mana setiap tahun-tahun tertentu bakal ada member yang istilahnya ‘diluluskan’, terus ada orang lain yang masuk jadi member baru. Sistem ini dah berlaku dari group ini didiriin tahun 1997 sama produser Tsunku, sampai tahun 2011 ini. Sistem ini bisa dinamai juga ‘Hello Project!’. Gak kurang dari 29 orang pernah jadi anggota group ini, dan 6 orang pernah jadi leader alias kaptennya. Pas gw nulis tulisan ini, leadernya adalah Ai Takahashi dan jumlah personilnya ada 9 orang. Sampai sekarang Momusu dah ngeluarin 10-an album, dan lagu-lagunya dah gak kehitung lagi jumlahnya. Lagu-lagu yang jadi favorit gw ada ‘Sakura Mankai’, ‘Sexy Boy’, ‘Aruiteru’, sama ‘ManPower’. Kalo member yang paling gw suka tuh si Sayumi Michisige sama Risa Niigaki. 

4. Atomic Kitten (U.K)

Sempet gonta-ganti personil pas awal-awal berdirinya, akhirnya dari tahun 2002 sampai bubar tahun 2008, ini group eksis sama 3 personilnya : Natasha Hamilton, Liz McClarnon, Jenny Frost. Lagunya sih gak banyak-banyak amat, dan yang sukses besar paling cuma ‘Eternal Flame’ sama ‘Tide is High’ (dan dua lagu ini juga yang jadi favorit gw). Tapi dibandingin sama girlband Inggris lain, kayak Spice Girl atau Girls Aloud, gw lebih suka group yang satu ini. Sebenernya gak tahu juga sih kenapa kok bisa suka, ya...suka aja (Gajebo.com). 

5. Play (Swedia)

Girlband dari Skandinavia lain yang gw suka adalah Play. Group ini sebenernya dah lama berdiri, dari tahun 2001. Waktu itu personilnya ada 4 : Faye Hamlin, Anais Lameche, Rosanna Munter, dan Anna Sundstrand. Tapi habis banyaknya bongkar pasang personil di jalan, saat ini group ini punya 3 personil, yaitu si Anais yang masih bertahan, plus Sanne Karlsson dan Emelie Norenberg. Member favorit gw, Faye, baru keluar 2010 kemarin. Dua lagu yang paling gw suka adalah ‘Us Against the World’ (pas mereka masih awal-awal berempat), dan ‘Famous’. 

6. f (x) (Korea Selatan)

Sama dengan Indonesia, sebenernya gw juga suka beberapa girlband Korea, contohnya SNSD dan Kara. Tapi gw lebih milih f(x) sebagai yang paling, karena masing-masing personilnya punya karakter khasnya sendiri-sendiri. Ada Amber si rapper tomboy, Sulli yang imut dan punya bagian bait solo yang unik dalam setiap lagu f(x), Krystal yang suaranya khas, Victoria si dancer yang dewasa, and Luna yang vokalnya bagus banget. Soal lagu, hampir semua single-nya f(x) gw suka, terutama ‘Nu ABO’ dan ‘Hot Summer’. Buat info aja, group ini baru berdiri 2009 lalu dan satu manajemen sama SNSD dan Super Junior di S.M entertainment. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar