Halaman

Jumat, 15 Juli 2011

6 Boyband Favorit Lintas Negara


Setelah kemarin nge-profilin 6 Girlband fave gw, sekarang gw giliran mau nge-profilin 6 boyband fave gw. Lintas negara juga so pasti. 

1. M.E (Indonesia)


Gw gak bisa untuk gak naruh ini group sebagai yang nomer satu bagi gw. Boyband yang berdiri tahun 1991 dan baru ngeluarin album perdananya 5 tahun kemudian ini gak cuma ngenalin boyband ke gw, tapi juga ngenalin musik untuk pertama kalinya ke gw yg waktu itu masih anak yg agak autis. Waktu itu tahun 1998, dan gw amat sangat suka sekali banget sama lagu ‘Inikah Cinta’ yang mereka bawain. Itulah lagu pertama yang bisa gw sukain, bahkan sampai niru-niru gerakan dance-nya. Latar belakang sejarah ini nih yg membuat gw menganggap M.E di mata gw udah lebih dari legenda. Oh ya, group ini dulunya anggotanya ada 5 orang, yaitu Dani Saba, Didan, Widi, Fery, dan Irvan, dan bubar tahun 2000 (alias masa eksisnya singkat banget). 

2. F4 (Taiwan)


Kalau yg satu ini kayaknya bakalan banyak yg setuju, khususnya kaum hawa, kalo gw masukin ke dalam 6 besar boyband terbaik sepanjang masa. Sejak tampil keren di serial Meteor Garden tahun 2001, group ini langsung aja jadi populer banget di seantero Asia, dan ngehapus begitu aja hegemoni boyband-boyband Barat. Jerry Yan, Vic Zhou, Vanness Wu, dan Ken Zhu kayaknya boleh disebut sebagai artis-artis yang paling diidolai yang gak ada saingannya pas masa itu. Lagu-lagunya yg ngetop yg sekaligus juga gw demen tuh ada ‘Liu Sing Yi’, ‘Seasons of Firework’, sama lagu daur ulang ‘Cant Help Falling in Love’. Pas masing-masing personilnya pada ngeluarin album solo masing-masing di waktu yg hampir barengan, ternyata semuanya juga sukses berat. Gila nih boyband. Sayang, seiring berlalunya waktu, akhirnya F4 lama-lama hilang juga dari peredaran, dan dua albumnya yg keluar tahun 2006 dan 2007 gak begitu sukses. Tahun 2007 juga, group ini ganti nama jadi JVKV. 

3. Blue (Inggris)


Boyband yang hampir 100 % single-nya enak dan gak ngebosenin. Itulah Blue di mata..eh..telinga gw. Makanya kalau disuruh nyebutin lagu-lagu Blue yg gw GAK suka, itu pekerjaan yg susah bagi gw. Selain itu, group ini juga punya karakter kuat dan khas. Group ini dibikin tahun 2001 dan anggota-anggotanya ada Lee Ryan, Simon Webbe, Duncan James, dan Antony Costa. Sempet bubar tahun 2005 dan membernya pada bikin album solonya sendiri-sendiri (yg ‘sial’nya juga bagus-bagus), rencananya group ini bakal ngeluarin album terbaru tahun 2011 ini. 

4. Westlife (Irlandia)


Salah satu yang dianggap boyband terbaik yang pernah ada. Dah ngeluarin setidaknya ada 10-an album, dan penghargaannya juga dah banyak banget. Dulu gw juga pernah jd ‘korban’ dari kepopuleran group dari Irlandia ini, sampai beli vcd profilnya segala (agak norak kali ya?). Walaupun suka nyanyiin ulang lagu-lagu yg dah pernah ngetop sebelumnya, tapi gimana boyband ini bisa eksis dari tahun 1999 sampai sekarang tanpa putus kayaknya bolehlah dikasih jempol. Anggotanya dulunya ada 5, yaitu Shane, Mark, Bryan, Kian, sama Nicky, tapi si Bryan cabut tahun 2004 buat karir solo. Lagu-lagu mereka yg jadi favorit gw, antara lain ‘Seasons in the Sun’, ‘Uptown Girl’, ‘Unbreakable’, ‘What Makes a Man’, ‘Mandy’, dan ‘You Make me Feel’. Lumayan banyak juga emang. 

5. Boys II Men (U.S.A)


Boyband dengan suara terbaik di dunia! Gak setuju? Terserah, tapi silahkan dengarkan sendiri suara mereka dan bandingkan dengan boyband-boyband lain yang pernah ada di seluruh dunia. Dan saya yakin, anda akan setuju! Tuh, saking kagumnya, bahasa gw berubah jadi formal gitu. Mungkin karena itu juga, group Afro-Amerika ini tetep eksis dari lahir tahun 1988 sampai sekarang. Sempet berlima, tapi kemudian mereka lama berempat dengan formasi : Nathan Morris, Shawn Stockman, Wanya Morris, dan Michael McCary. McCary akhirnya keluar tahun 2003 karena sakit punggung (doi sempet pingin balik tahun 2011, tapi gak jadi). Lagu yg gw favoritkan adalah ‘a Song for Mama’. 

6. UTN1 (Irak)


Penyanyi hasil didikan guru vokal, dengan yang hasil latihan paduan suara gereja, dengan yang hasil doyan tilawah Al Qur’an, bakalan punya ciri karakter vokal dan teknik menyanyi yang beda. Inilah yang gw dapet dari UTN1 alias Unknown to No One. Ha? Irak punya boyband? Mungkin emang agak aneh kelihatannya, secara group ini juga jarang kedengeran di Indonesia. Boyband yg didiriin tahun 1999 ini selain punya suara yang indah, juga kreatif abis. Hampir semua lagu di 4 albumnya adalah bikinan mereka sendiri, dan hebatnya bisa sukses nembus pasar Internasional, termasuk ke negara-negara Eropa. Banyak media yg bilang, ini karena UTN1 bisa nunjukkin wajah Arab dan Islam yang berbeda dari yang selama ini dikirain negatif sama orang-orang Barat. Tadinya group ini punya 5 member yaitu : Akhlad Raof, Shant Garabedian, Hassan Ali, Artin Haroutiounian, dan Nadeem Hamid. Tapi Hamid keluar tahun 2009. Sekarang target mereka adalah bisa masuk ke pasar negeri Paman Sam. 

Selain nama-nama di atas, gw juga lumayan suka sama C21 (Denmark), F4 (India) – namanya emang mirip gitu, sama 2 pm (Korea Selatan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar