Halaman

Minggu, 15 Mei 2011

SNMan (profil-bag.1)

Adik-adik (bapak-bapak juga boleh), ini adalah dongeng pertama di blog ini yang berupa dongeng dalam arti sesungguhnya, alias cerita fantasy. Cerita ini udah kak joe buat sejak kelas 5 SD dulu, dan jadi awal kak joe jadi suka nulis. Maka, kak joe pun menjadikan cerita ini sebagai salah satu favoritnya kak joe. 

Judulnya adalah SN Man atau Super Natural Man. Menjiplak judul salah satu serial horror populer Amerika? Jelas sama sekali nggak, kan kak joe bikinnya udah jauh sebelum ada serial itu. Judulnya norak? Biarin! Namanya juga nulisnya waktu masih SD, masih anak-anak, jadi wajar kalau masih suka nyari judul yang simple-simpel semacam itu. Kak joe pun sama sekali nggak berniat untuk mengubahnya, karena bagi kak joe pribadi itu adalah orisinalitas dari karya ini dan udah identik sama penokohannya. 



Pengantar
Super Natural Man merupakan tokoh superhero fiksi yang diciptakan oleh kak Joe (alias saya sendiri), sebagai salah satu superhero pertama ciptaannya. Karakter SNMan sendiri sedikit  banyak menyadur dari tokoh superhero terkenal, Superman. Meskipun begitu, cerita,kekuatan,kepribadian, maupun hal-hal yang berhubungan dengan SNMan banyak berbeda dengan superman. 
SNMan adalah superhero yang berasal dari Indonesia, khususnya Jogjakarta, dan alur ceritanya pun bersettingkan budaya setempat. Namun kemudian kisah SNM sendiri meluas hingga menjangkau wilayah global dan merepresentasikan berbagai problem multidimensional. SNMan sendiri memang jarang muncul di seri SNM season 2 dan 3, namun figurnya tetap menjadi salah satu sentral film meski tidak menonjol. Kekuatan SNMan antara lain mampu untuk terbang, menembakkan energi dari tangannya,tenaga dalam,dsb.  
Pengkarakteran SNMan banyak berkembang seiring perkembangan mental, pengalaman, serta pemikiran penciptanya. Perkembangan tersebut meliputi pula alur cerita seputar tokoh ini sendiri. 

Sinopsis Biografi Karakter (SNMan, season 1)
sumber gambar:ngobrolaja.com
Joko Ahmadi ditemukan oleh seorang petani Gunung Kidul bernama Suryatno dan istrinya di depan rumah mereka ketika berumur 4 bulan. Joko lalu tumbuh sebagai anak yang cerdas dan bermental baja. Dia memiliki ambisi terpendam untuk dapat menjadi seorang pahlawan seiring seringnya dia menyaksikan ketidakadilan terhadap orang susah di Negaranya. 
Ketika SMA Joko disekolahkan di kota Yogya. Ketika tengah mengadakan acara di Kalikuning, Joko yang sedang berjalan sendirian melihat seorang kakek. Mbah Maridjan, nama kakek itu, memberinya sebuah batu yang harus disimpannya, dengan satu pesan, ‘ada kekuatan sebenarnya’. Joko menyimpan batu itu baik-baik, hingga suatu saat tiba-tiba dia bisa menembakkan laser dari tangannya. Joko terkejut. Lama-kelamaan dia kemudian mencoba terbang dari lantai dua sekolahnya dan berhasil. 
Joko lantas menggunakan kekuatan barunya untuk menolong orang banyak. Joko menggunakan topeng untuk menyembunyikan identitasnya. Dia juga menyelamatkan teman-temannya dari pertengkaran dengan sekolah lain. Namun usahanya ini ternyata tidak disukai oleh pihak-pihak tertentu yang kemudian berusaha menghentikan aksinya. Niat jelek kelompok tersebut selalu gagal, hingga mereka lantas mengambil jalan menyandera kedua orang tua Joko di kampung, setelah mereka mengetahui identitas SNMan sebenarnya. 

Ketika hendak menyelamatkan kedua orang tuanya tersebut, SNMan terlambat. Tiba-tiba dia kehilangan kekuatannya dan sang penjahat lantas membunuh ayah-ibunya itu. Joko merasa sangat sedih. Dalam kondisi kesal, dia mencari Mbah Maridjan. Mbah Maridjan (yang ternyata juru kunci Gunung Merapi itu) lantas menjelaskan bahwa maksud pesannya dulu adalah agar Joko tidak tergantung sepenuhnya pada batu itu, karena batu tersebut bukanlah apa-apa, dan sumber dari semua kekuatan sesungguhnya hanyalah Tuhan. Joko menyadari kesalahannya dan kini dia tidak lagi memakai topeng dalam aksinya dan lebih suka tampil apa adanya. 
Sementara itu paman Joko menyampaikan wasiat dari ayah-ibunya untuk memberitahu Joko bahwa mereka bukanlah orang tua kandungnya. Orang tua Joko yang sebenarnya masih merupakan misteri. Setelah lulus dari Perguruan Tinggi, Joko bekerja di sebuah perusahaan tekstil, PT.Elbise. Ternyata pimpinan perusahaan tersebut adalah Linda, sahabat Joko saat kecil. Linda dan Joko semakin akrab. Linda yang memiliki kekuatan telepati, mengetahui bahwa Joko mencintainya. Linda lantas memperkenalkan Joko dengan teman-temannya yang juga memiliki kekuatan super, seperti Butet, Ki Sastro, Wastu, dan Wabai. Mereka lalu merintis the SNM teams, yang tujuannya membantu manusia dengan kekuatan mereka. 

Dalam seri SNM season 1, SNMan sendiri tidak terlalu banyak tampil. Bersama SNM teams, SNMan membantu Kim dan Kertovic mencari Fragnance Peach. Kemudian mereka juga menyelamatkan The Professors dan dr.Heal dari sergapan Asker. Di sisi lain, season 1 ini lebih banyak menampilkan tokoh-tokoh lain seperti General Jack, Samsat-Srapan, Xanthi, Tsang Liao Cheng, Hellchain, serta kisah mengenai Gantam Village dan cerita konflik Ferrum Family. 
SNMan baru kembali mendapat porsi cerita yang penuh, ketika seorang supervillain bernama Yster mulai merajalela. SNM teams harus menyelamatkan beberapa asset negara milik Indonesia yang hendak dicuri oleh penjahat Nigeria itu. Dalam konflik dengan Yster inilah, Linda menemukan sebuah fakta mengejutkan bahwa Yster alias Yusuf Obode adalah ayah kandung Joko. Sayang, Linda terlambat menyampaikannya pada Joko, yaitu ketika Yster tengah sekarat saat bertarung dengan Joko. SNMan dan Yster yang baru menyadari bahwa mereka adalah ayah-anak, akhirnya saling menangis. Dan Yusuf menghembuskan nafas terakhirnya di pelukan Joko. Joko kemudian mencari ibu kandungnya berdasar petunjuk dari anak buah Yster, Black Fire. Ternyata ibu Joko adalah Noora Kasim, perempuan Turki yang tengah dirawat di sebuah rumah sakit di negaranya lantaran lever. Karena Noora tak memiliki biaya, Joko dan Linda mengobatinya hingga kondisi Noora membaik. Joko dan Linda akhirnya melangsungkan pernikahan di hadapan ibu kandung Joko itu. 

1 komentar:

  1. sipp...
    wah, sekarang aku jadi kalah produktif heheh...
    bagus lho ceritanya,,,semoga besuk bisa jadi film betulan Joe...

    BalasHapus