Halaman

Senin, 27 Februari 2012

4 Tips Mudah Merawat Printer


oke, gw gaptek. Gara2 ke-gaptek-an gw itu, gw jadi sering bermasalah sama yang namanya printer. Tapi justru karena sering bermasalah itulah, sedikit demi sedikit gw mulai ngerti gimana caranya biar printer jadi awet dan gak rusak. Belajar dari pengalaman lah istilahnya. Berikut ini beberapa tips dari gw :


1.  Menggunakan printer secara berkala
Gak cuma minum obat atau rapat, memakai printer juga butuh schedule. Minimal 2 kali seminggu printer loe kudu dipake. Jangan kira kalau printer dianggurin lama-lama bakal bikin mereka awet. Salah besar, cyiiin! Itu malah bakal bikin tinta yang ada di nozle head jadi kering, dan alirannya jadi gak lancar.

2.  Sering-sering bersihin printer
Jelas, barang elektronik apapun itu, kudu sering-sering dibersihin. Karena kalo gak, barang-barang halus macam debu atau kotoran-kotoran lain bisa masuk ke mesin dan merusak segalanya (lebay.com). Khusus untuk bersihin printer, jangan pake lap yang basah, lebih baik pake tisu atau vacum cleaner kecil. Terutama yang perlu dibersihin adalah chip atau head cartridge, dan juga wastepad ink tank alias tempat penampungan limbah tinta karena bisa luber dan ngerusak motherboard printer. Bisa juga bersihin lewat software-software seperti clean head atau diagnostic tool.

3.  Hati-hati mengganti cartridge
Ini salah satu masalah yang paling sering gw alami : cartridge gak berfungsi dengan baik. Hati-hati dalam mencopot pasang cartridge. Begitu buka cover, tunggu sampe tuh cartridge bergerak terus berhenti di tengah. Begitu diem tuh, baru dah kite copot tuh cartridge. Terus waktu masang lagi, posisinye di-pas-in dulu ye, sampe bener. Habis ntuh, baru kita tutup lagi covernye (kenapa jadi bahasanya Yusuf Mansyur begini?). Usahain pake tinta yang asli. Kalau nge-refill sendiri, jangan sampai luber, jadi hasil printnya gak karuan (pengalaman nih!).

4.  Hati-hati masukin kertas
Pas masukin kertas, pastiin kertasnya halus dan gak kelipat-lipat atau ketekuk-tekuk. Karena jika nyangkut, bisa ngerusak roller printer atau malah ada sobekan kertas yang ketinggalan di dalam. Kalau sampai kejadian kertasnya macet (sering kan?), matiin dulu printernya dengan menekan tombol off. Kalau terpaksanya gak off, cabut aja kabelnya. Habis printer mati, tarik kertasnya pelan-pelan – dan hati-hati - searah jalan keluarnya kertas.

Oke, sekian tips-tips dari gw, kalau printer loe masih rusak juga, ya udah deh serahkan pada ahlinya aja alias tukang servis terdekat J terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar