Halaman

Minggu, 22 Januari 2012

Tips-tips Agar Presentasi Sukses


Boleh jadi gw emang orang yang kurang pinter ngomong. Kata banyak orang gw kadang kalo ngomong suka gak jelas, apa yang diucapin. Tapi lain ceritanya kalau soal bicara di depan orang banyak, seperti presentasi, pidato, atau pertunjukkan seni. Seringkali penampilan gw dianggap berhasil oleh orang lain. *songong dikit boleh dong, hehe* Yaah walaupun mungkin sebenernya gw yakin gw sendiri masih banyak kekurangan soal ngomong di depan umum, tapi gak ada salahnya kalau gw sedikit berbagi apa yg gw pelajari selama ini dari pengalaman-pengalaman gw. Kali-kali aja, bisa bermanfaat, Amiin.
Nah, ini dia tips-tips buat loe-loe pada yang mau tampil ngomong di depan orang banyak :


Tahap Persiapan
1. Pertama-tama, loe mesti tahu dulu, apa yang bakal loe omongin. Nggak harus menguasai total, yang penting setidaknya loe paham point-point pentingnya. Cari bahan-bahan dari sumber yang tepat.
   Ingat, jangan sekali-kali plagiat atau copas dari tempat orang lain. Gimanapun kalo loe ngambil punya orang, sebagaimanapun loe paham, loe gak bakalan bisa menyampaikannya dengan baik. Kenapa? Karena loe gak tahu gimana proses orang yang bikin itu selama membuatnya. Tapi kalau loe yang bikin sendiri, loe jadi bisa tahu mana yang loe paham dan mana yang gak. Jadinya loe bisa bener-bener milih mana yang bisa dan perlu disampaikan dan mana yang gak.

2.  Persiapan selanjutnya, soal mental. Ini yang paling penting, man!
    Loe mesti membuang semua pikiran-pikiran negatif seperti misalnya, “aku belum hafal,” , “ntar audience bakal mikir apa ya tentang aku?” , “duh, takut salah nih!” , “ntar kalau aku dimarahi, gimana?” , “kayaknya gagal nih..”, dsb. dsb.  
    Susah? Pikiran negatifnya gak juga ilang? Paham deh, emang gak gampang, dan seringkali saran macam gini disangkal orang. Yang jelas, kalau gw misalnya sebelum tampil merasa ada yang salah, atau belum siap, atau misalnya tiba-tiba pikiran negatif muncul gak terkontrol, maka cuma satu hal yg biasa gw lakuin : CUEK. Gw bakal berpikir, “Peduli amat dengan mereka mau ngomong apa. Kalau misalnya disalahin, ya udah diterima aja. Kalau misalnya bisa njawab ya dijawab. Yang penting gw gak ngelakuin sesuatu yang menyinggung mereka.” Ya udah, gitu aja. Toh resikonya dari salah dikit di presentasi kita, itu lebih kecil daripada kalo kita grogi sehingga gagal total dalam presentasi kita.

3. Nggak kalah urgent, sebelum tampil di mimbar atau panggung, adalah soal fisik. Pastiin loe gak habis minum banyak-banyak sebelum presentasi, apalagi kalau loe orangnya beser.
    Sebelum masuk ruangan atau naik mimbar, tarik nafas panjang, lalu keluarkan lewat mulut. Kelihatanya tips ini biasa, tapi jangan diremehkan, karena nafas yang teratur bisa menjauhkan kita dari deg-degan. Nah, antara ngatur nafas ini sama menghilangkan pikiran negatif tadi, bisa loe atur-atur sendiri, mau yang mana dulu. Intinya adalah yang penting loe bisa rileks.

4. Banyak pemberi tips atau pakar yang ngasih saran ke kita untuk banyak-banyak melakukan latihan sebelum tampil (apapun itu) di depan publik. Tapi, kalau gw sih termasuk orang yg mungkin kurang begitu sepakat. Bagi gw, terlalu banyak latihan biasanya justru bikin kita tambah tegang. Kenapa? Karena kita jadi menganggap bahwa itu adalah sebuah presentasi yang amat sangat penting, hidup mati bahkan. Akibatnya, ya grogi itu tadi. Makanya kalau gw lebih suka sedikit latihan, dan pas semakin mendekati hari H atau waktu T, gw bakal gak latihan sama sekali dan me-rileks-kan diri. Itu biasanya cenderung berhasil bagi gw. Tapi, sekali lagi, yang ini cuma sekedar pendapat pribadi gw. Kalau loe mau tetap banyak latihan, gak masalah sih, bagus juga. Karena, tiap orang bakal berbeda dalam mempersepsi sebuah latihan.

Tahap Presentasi
1.  Berdoa. eits..jangan anggap sepele kekuatan doa ya, coy!

2. Pas loe maju ke depan, amat sangat mungkin loe bakal nemui masalah-masalah macam ini : mic mati, LCD tiba-tiba gak nyala, lupa bawa power point, sampai lampu mati. Lupakan nyalahin tim teknis acara yang bersangkutan. Apapun yang terjadi, gak usah dongkol, apalagi mikir “wah, gagal nih!” Gak perlu!
     Kalau emang segala kerusakan atau error yang terjadi itu bukan salah kita, ngapain mesti merasa bersalah, apalagi sampai bingung? Udah, jelasin aja ke auidence, bahwa ada kerusakan seperti ini, bla bla bla, udah cukup. Apa mereka bakal nyalahin loe? Gak bakalan! (kecuali kalau loe emang gak melakukan tips-tips pas ‘tahap persiapan’ yg gw kasih di atas. Itu lain cerita, itu baru salah loe sendiri!). Mereka pasti maklum lah. Jadi, lanjut aja presentasinya seperti biasa.
     Kalau power point gak ada atau LCD gak nyala, ya jelasin aja secara lisan. Kalau mic mati, ya mendekat ke audience, atau ngerasin suara semampunya. Gitu aja kok repot.

3. Selain mungkin terjadi error dari luar, error juga bisa dari diri loe sendiri, yaitu bisa jadi loe bakal ngalami ‘nge-blank’ tiba-tiba.
    Ah, tapi hal yang satu ini gw jamin gak seharusnya terjadi, asal loe melakukan tips ‘tahap persiapan’ yang point ke-2 (soal mental).
    Tapi, kalau dah terlanjur nge-blank, tenang, tetap ada tips-nya. Yaitu....sama persis seperti point yang kedua tadi! Udah, jelasin aja ke audience, kalau loe ada lupa bagian itu, atau terus terang aja kalau loe grogi, dan sebagainya. Gw jamin, kalau loe jujur, itu jauh lebih baik daripada kalau loe nutupi grogi dan lupa loe. Kalau loe gak terus terang, loe bakal semakin tegang dan akhirnya ya jadi tambah gak bagus, bahkan bisa kacau. Tapi kalau loe jujur, ceritain masalah loe ke audience, rasain aja deh, semua beban di dada dan kepala loe bakal keluar. Plong! Jadi, sekali lagi, kejujuran dalam presentasi itu bakal membantu banget.

Pasca Presentasi
Loe pasti sering dong, merasa gagal prsentasi. Ada perasaan bersalah begitu turun panggung. Justru itu bagus kalau menurut gw! Berarti kita jadi bisa evaluasi “Oh, tadi gw kurang di sini, salah di sini, besok mending begini aja,” dsb.

Oke? Dah, segera aja praktekkin tips-tips gw. Semoga sukses, jadi gw gagal menyesatkan anak orang. Hehehe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar